Selasa, 24 Mei 2011

Ancelotti Berpisah dengan Chealsea

Chelsea memecat pelatih Carlo Ancelotti, Minggu, setelah kekalahan timnya 0-1 di Everton melengkapi "penampilan tidak diharapkan" mereka musim ini, demikian pernyataan klub.


"Klub Sepak Bola Chelsea menyatakan bahwa Carlo Ancelotti berpisah dengan klub kami hari ini," bunyi pernyataan Chelsea dalam laman mereka.

"Pemilik klub menyatakan terima kasih kepada Carlo atas kontribusi dan pencapaiannya sejak ia menjabat pelatih mulai Juli 2009, termasuk kemenangan ganda untuk pertama kali dalam sejarah klub ini," demikian pernyataan itu.

"Tetapi penampilan musim ini jatuh berupa penampilan yang tidak diharapkan dan klub mereka sudah waktunya untuk melakukan pergantian kepala sebagai persiapan untuk musim mendatang," kata pengurus klub.

"Tujuan dan ambisi jangka panjang Chelsea tetap tidak berubah dan kami sekarang konsentrasi pada pemilihan pelatih dan manajer baru," kata mereka.

Mantan pelatih AC Milan Ancelotti merupakan figur populer di Stamford Bridge dan memimpin klub itu meraih gelar ganda pada musim pertamanya di klub itu.

Tetapi pada pertengahan musim ini Chelsea melakoni hasil memprihatinkan dibanding permainan mereka dalam 15 tahun ini, sehingga menghancurkan harapan mereka untuk meraih gelar juara.

Ancelotti merupakan pelatih keenam Chelsea sejak klub itu dimiliki selama delapan tahun ini oleh milyarder Roman Abramovich.

Pelatih yang dihormati dari Italia itu membawa Chelsea ke kejuaraan Eropa dan mereka tampil amat mengejutkan ketika melawan Inter Milan dalam 16 tahun terakhir, sebelum mereka dikalahkan Manchester United pada perempat final tahun ini.

Keberadaan Ancelotti di klub itu ditandai dengan ketidakcocokan dengan asisten Ray Wilkins pada November dan sejak itu penampilan tim itu mulai menurun.

Media Inggris melaporkan, Ancelotti, yang masih terikat kontrak satu tahun lagi dengan klubnya, mendapat komentar tajam dari ketua eksekutif klub Ron Gourlay di Goodison Park, menyusul kekalahan mereka pada pertandingan itu.

Pada jumpa pers usai pertandingan, Ancelotti mengatakan ia mengharapkan dapat bertemu dengan bos Chelsea itu minggu depan untuk membicarakan masa depannya.

"Sekarang saya sedang libur--tapi saya tidak yakin berapa lama libur saya," katanya, "Kami masih belum merancang waktu pertemuan kami, tapi saya kira minggu depan. Sekarang musim kompetisi sudah usai, klub dapat menganalisa kepelatihan saya kemudian dapat mengambil keputusan."

"Saya harus menunggu apa yang akan terjadi. Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan. Mereka bisa menilai saya dari hasil pekerjaan dua tahun saya," katanya.

Pasar taruhan Inggris William Hill dengan cepat memberikan komentar bahwa Andre Villas Boas -- yang Minggu membuat tiga kemenangan di kompetisi liga, Piala dan Liga Eropa pada tim Porto -- merupakan tokoh favorit untuk menggantikan Ancelotti.

Mantan pelatih Chelsea Guus Hiddink dan Jose Mourinho memiliki catatan difavoritkan tujuh banding dua (7/2) disusul Harry Redknapp, Pep Guardiola dan Marco Van Basten.

Hiddink, yang menuntun Chelsea meraih Piala FA 2009 ketika berada di klub itu sebentar untuk menggantikan pelatih dari Brazil Luiz Felipe Scolari, saat ini sedang melatih tim Turki.

Tokoh berusia 64 tahun dari Belanda itu mengatakan dalam kolom surat kabar Minggu, ia tetap memberikan nasihat kepada Chelsea sejak ia meninggalkan klub itu.

"Semua berjalan dengan lancar bersama Chelsea," tulis Hiddink di De Telegraaf, "Sejak saya meninggalkan klub itu dua tahun lalu, saya tetap memberikan petunjuk menyangkut tim mereka."

"Terkadang saya menjadi pembicara dalam pertemuan dewan. Waktu saya amat sedikit tapi saya bisa mengombinasikannya dengan pekerjaan di Turki," katanya.

"Tidak ada konflik sama sekali," ujar pelatih dari Belanda itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar